Gaya Hidup

Informasi gaya hidup di kota Malang, Jawa Timur, Indonesia

Biaya Hidup

Biaya hidup di Kota Malang relatif terjangkau, mulai dari Rp 800.000,- per bulannya. Komponen terbesar biaya hidup adalah biaya kos dan biaya makan. Biaya kos di Malang mulai dari Rp 350.000,- perbulan, tergantung fasilitas dan lokasi kos.

Biaya kos mungkin tidak termasuk biaya listrik tambahan dan biaya cuci pakaian. Biaya listrik tambahan meliputi laptop, komputer, magic jar, dispenser, dan sebagainya. Untuk cuci pakaian, beberapa rumah kos menyediakan fasilitas mesin cuci yang bisa digunakan bersama oleh penghuni kos. Anda juga dapat mencucikan pakaian di tempat laundry dengan biaya cuci kering + setrika rata-rata Rp 12.500,- per 5 Kg.

Untuk makan, anda dapat membeli makanan di warung/depot/pedagang kaki lima dengan biaya mulai Rp 5.000 perporsi. Anda juga bisa berlangganan katering dengan biaya mulai dari Rp 10.000,- perhari. Beberapa rumah kos juga menyediakan fasilitas rice cooker untuk menanak nasi sendiri dan kompor untuk memasak (gas dibeli sendiri).


Iklim

Kota Malang memiliki iklim yang relatif seimbang antara sejuk dan panas. Rata-rata suhu udara berkisar antara 22,2 °C - 24,5 °C. Sedangkan suhu maksimum mencapai 32,3 °C dan suhu minimum 17,8 °C. Anda disarankan untuk memiliki selimut karena di malam hari suhu di kota Malang relatif dingin.

Seperti umumnya daerah lain di Indonesia, Kota Malang mengikuti perubahan putaran 2 iklim, musim hujan, dan musim kemarau. Curah hujan relatif tinggi terjadi pada bulan Januari, Februari, Maret, April, dan Desember. Sedangkan pada bulan Juni, Agustus, dan Nopember curah hujan relatif rendah.


Sarana Transportasi

Lalu lintas di Kota Malang relatif lancar dan jarang macet, kecuali pada saat jam sibuk (rush hour) pukul 06.00-08.00 dan 16.00-17.00 WIB. Transportasi umum di Malang dilayani oleh angkutan kota (angkot). Terdapat 20 trayek angkot di Malang dan 80% wilayah Kota Malang dilalui oleh ke-20 angkot tersebut.

Jalan Soekarno Hatta yang terletak 100 meter dari Sekar Gegani dilewati oleh dua jalur angkot yaitu ABG dan CKL. Kedua angkot ini dapat membawa anda dari semua terminal dan stasiun kereta api yang ada di Malang hingga ke kantor kami. Selain angkot tersedia juga empat operator taksi di Kota Malang plus satu operator taksi bandara.

Untuk panduan menuju ke Sekar Gegani dengan menggunakan kendaraan umum, silakan membaca halaman ini.


Sarana Ibadah

Sebagian besar penduduk Kota Malang memeluk agama Islam. Kurang lebih 100 meter dari Sekar Gegani terdapat masjid, dengan beberapa musholla tersebar di kompleks perumahan Griya Shanta. Bagi umat Katolik dan Kristen Protestan, gereja terdekat berada di Jl Ijen (2 kilometer) dan Jl Bromo (3 kilometer). Di dekat Sekar Gegani (1 kilometer) juga terdapat vihara. 


Sarana Kesehatan

Rumah sakit terdekat adalah RSU Permata Bunda yang berjarak hanya 150 meter dari Sekar Gegani. Anda juga bisa memperoleh layanan kesehatan dengan harga yang terjangkau di poliklinik Universitas Brawijaya yang berlokasi 1,2 kilometer dari Sekar Gegani.

Selain itu, di Kota Malang juga terdapat beberapa rumah sakit seperti RSU Syaiful Anwar (3 kilometer), RS Islam (2 kilometer), RS Lavalette (3 kilometer) dan rumah sakit lainnya.


Sarana Hiburan

Malang memiliki banyak tempat hiburan, baik tradisional maupun modern, yang menarik untuk dikunjungi. Hanya 400 meter dari Sekar Gegani terletak Taman Krida Budaya, sebuah hall pertunjukan budaya serba guna. Di tempat ini sering ditampilkan aneka budaya khas Jawa Timur seperti ludruk, ketoprak, wayang orang, wayang kulit, reog, kuda lumping, dan sendra tari.

Untuk sarana hiburan modern, terdapat tiga mall besar di Kota Malang yaitu Malang Town Square, @MX Mall, dan Mal Olympic Garden (MOG). Di kompleks MOG juga terdapat sarana olahraga yaitu stadion sepak bola Gajayana, kolam renang indoor, lapangan tenis, voli, dan basket.

Untuk informasi lengkap mengenai pusat rekreasi, perbelanjaan & fasilitas umum di Kota Malang, silakan mengunjungi website ini.